Assalamu'alaikum

Jumat, 27 Juni 2008

Neo 1973: Handphone Open Source Pertama di Dunia

Neo 1973, adalah perangkat handphone pertama yang secara penuh akan menggunakan perangkat lunak open source. Sistemnya menggunakan sistem operasi mobile berbasis GNU/Linux, OpenMoko. Nama Neo 1973 sendiri berasal dari kombinasi kata Neo yang berarti new / baru dan angka 1973 yang merupakan tahun pertama kali telpon seluler diciptakan oleh Marty Cooper.

openmoko-hp.png
Gambar 01.
Neo 1973, Handphonenya Maniak Open Source

Untuk saat ini, perangkat ini baru dijual untuk kalangan pengembang / programmer. Sementara untuk versi pengguna akhir / konsumen baru akan tersedia pada Oktober mendatang. Dengan ukuran layar sentuh yang luas, perangkat ini bisa disejajarkan dengan iPhone buatan Apple. Satu hal utama yang membedakan keduanya adalah, Apple tidak mengijinkan perangkat lunak ketiga berjalan pada iPhonenya, kebalikan dengan OpenMoko yang justru mendorong para programmer untuk
mengembangkan program pada platformnya yang free dan terbuka. Kesuksesan OpenMoko tentunya akan tergantung juga pada seberapa luas komunitas open-source mendukung kehadirannya, khususnya mengembangkan aplikasi yang kompatible dengannya.

Neo
1973 versi standar pengembang untuk saat ini tersedia dengan harga $300 (2.7 juta, 1$ = Rp. 9.000). Sementara untuk versi lengkapnya (lengkap dengan tools-tools) dipatok pada kisaran harga $450 (4 juta, 1$ = Rp.9.000).

Perangkat ini menggunakan layar sentuh 2.8 inchi yang dapat bekerja juga dengan sylus. Untuk jaringan selularnya menggunakan GSM. Mendukung GPS, Wi-Fi, Bluetooth dan memori card microSD. Yang menarik perangkat ini memiliki fitur 3D accelerometer. Dengan fitur ini perangkat dapat mengetahui posisi handphone saat digunakan, dan otomatis menyesuaikan tampilan layar apakah tampil horizontol atau vertikal. Kebanyakan kode sumber perangkat lunaknya diambil dari proyek FOSS (Free and Open Source Software), seperti email berbasis dari TinyMail, browser dari WebKit (aplikasi yang sama dipakai oleh Safari), Linux Kernel, pustaka GNU C, X Window System, GTK+ toolkit, dan lain lain. Satu kekurangan yang menonjol dari perangkat ini adalah belum mendukung 3G. Pengembang sendiri beralasan penambahan fitur 3G akan membuat biaya produksinya bengkak hingga 80%.

Anda ingin menjajalnya? Silahkan belanja disini atau mencoba emulasi PC-nya disini


Sumber dari situs Ilmu Website dalam kategori news dengan judul Neo 1973: Handphone Open Source Pertama di Dunia

0 komentar:

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates